Membuat
Meja Sederhana Menggunakan Aplikasi Blender 3 Dimensi
Pada pembahasan sebelumnya saya
telah menjelaskan bagaimana cara membuat gambar anaglyph di blender.
namun dalam pembahasan kali ini saya coba untuk membuat Sebuah Object yaitu Membuat Meja Menggunakan Aplikasi Blender.
1. pastinya
aplikasi Blender tersebut sudah terinstal di Laptop/PC sobat. Untuk cara
Instal-nya klik Disini
2. klik File - New, atau bisa menekan tombol di keyboard, ctrl+n. dan akan menampilkan seperti gambar :
Setelah masuk pada aplikasi blender
tersebut, pada gambar diatas adalah gambar berbentuk kubus. Dimana kubus
tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat meja. Seleksi pada object kubus
tersebut (klik kanan mouse) - Klik S pada keyboard, lalu atur arah searah
sumbu X/Y/Z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu).
Agar kubus tersebut menjadi pipih dan
panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan object tersebut,
hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera sobat. Maka saya contohkan
seperti gambar dibawah :
3. Setelah itu
kita mulai untuk mengedit papan tersebut, untuk masuk ke “edit mode” tekan “Tab”
pada keyboard hingga object tersebut berwarna kuning seperti gambar di bawah :
Z
4. lalu kita buat garis untuk memudahkan membuat kaki-kaki meja yang akan dibuat. Awalnya kita buat garis searah dengan sumbu Z dengan menekan di keyboard ctrl+r lalu gunakan Scroll pada mouse untuk membentuk garis berwarna ungu-nya, setelah selesai ketik enter pada keyboard.
Buat lagi dengan searah sumbu Y dengan perintah yang sama (ctrl+r) +
scroll mouse. Maka akan seperti gambar dibawah :
5. untuk
membuat kaki meja-nya, kita harus menyeleksi dulu bagian yang di pilih
menggunakan “Face Select” (ctrl+tab
– face Select) atau Lihat pada gambar dibawah :
Lalu sobat arahkan kebawah bagian
object, (menahan tombol scroll pada mouse+arahkan mouse kebawah object).
Setelah itu seleksi setiap sudut object untuk membuat kaki mejanya dengan
menggunakan perintah tekan Shift + klik
kanan mouse maka akan menampilkan gambar seperti ini :
6. Setelah sudut bagian bawah terseleksi
saat-nya untuk menarik bagian yang terseleksi tersebut dengan menekan huruf “e” sekali saja pada keyboard. Dan
sesuaikan tingginya dengan keinginan sobat. Maka gambarnya akan seperti ini :
Dan kaki meja pun sudah jadi….
dan kita kembalikan lagi pada “Object Mode” dengan menekan tombol “Tab” pada keyboard.
6. Setelah itu
kita beri wana pada object dan background-nya agar terlihat cantik dan indah
setelah direndering, dengan cara klik “World”
yang berada di kanan layar (yang bergambar bola dunia). Lihat gambar dibawah
untuk lebih jelasnya :
Dan jangan lupa kita atur
pencahayaannya.
NB :
Dan cara merubah sudut pandang kameranya dengan cara tekan Numpad 0 – pada garis garis putus klik kanan (maka akan berubah
menjadi warna kuning) – dan tekan shift+f
(pada keyboard)
7. dan langkah
selanjutnya adalah kita render, yaitu kita
jadikan object tersebut terlihat seperti nyata / 3 Dimensi. Untuk merender
klik Render – Render Image, atau
jika ingin cepat ketik F12 pada keyboard. Tunggu beberapa saat dan
jenjreenng.. hasilnya akan seperti gambar dibawah..
Setelah itu kita save ctrl+s
pada keyboard, ctrl+w untuk menimpa
save-an sebelumnya.
NB : tekan “Esc” pada keyboard untuk keluar dari
hasil setelah di render, “F12” untuk melihat lagi hasil yang telah
dirender.
0 komentar:
Posting Komentar